TRANSFORMASI ARSIP LAPAN

by Chusnul Tri Judianto


Posted on 19 July 2019 at 01:23 pm



Saat ini LAPAN telah meiliki gedung pusat arsip yang dibangun sejak tahun 2017 dan telah digunakan sejak awal 2019 untuk menyimpan arsip hasil litbang penerbangan dan antariksa sejak berdirinya LAPAN pada tahun 1963. Pusat arsip LAPAN menyimpan data dan informasi terkait pengembangan teknologi penerbangan dan antariksa, pemanfaatan data inderaja, teknologi atmosfer dan sains antariksa juga dokumen sejarah kerja sama dan kajian-kajian nasional dan internasional keantariksaan. Perubahan paradigma baru dimana arsip menjadi informasi penting yang dapat menjelaskan banyak hal dan berguna untuk keberlangsungan program kerja organisasi sehingga penanganannya menjadi bagian penting dalam kinerja organisasi.

Dalam upaya meningkatkan pelayanan kepada masyarakat  dan edukasi terkait arsip-arsip penerbangan dan antariksa, pada tahun 2019 ini Bagian Arsip merencanakan untuk mulai membangun sebuah Diorama  penerbangan dan  antariksa yang terletak pada Gedung Pusat Arsip LAPAN di Rumpin Bogor. Kegiatan membangun Diorama ini dimulai dengan konsultasi dan studi tiru dengan berbagai pihak yang kompeten sejak bulan Juni yang lalu dan informasi tentang Diorama ini telah disampaikan pada acara Rapat Koordinasi Kearsipan LAPAN pada bulan Juli yang lalu.

Keberadaan Gedung pusat arsip LAPAN ini akan sangat membantu masyarakat, litbang, akademisi dan swasta untuk temu kembali dokumen sejarah terkait penerbangan dan antariksa yang telah dilakukan oleh para peneliti dan perekayasa teknologi dalam melakukan pengembangan teknologi penerbangan dan antariksa dan kemanfaatannya bagi masyarakat Indonesia. Diharapkan dengan keberadaan Gedung pusat arsip ini, maka obor sejarah penerbangan dan antariksa terus menyala menerangi semangat jiwa muda para penerus perjuangan seniornya dalam mengembangkan sains dan teknologi penerbangan dan antariksa.

Arisdio@2019