"Teleworking" Tren Kerja Generasi Milenial

by Chusnul Tri Judianto


Posted on 07 January 2020 at 04:50 pm



Bahas komputer yang selow selow "Baskom Yellow Talkshow" merupakan gaya sharing informasi kekinian yg digagas oleh Pusat Teknologi Informasi dan Komunikasi Penerbangan dan Antariksa (Pustikpan) LAPAN dari perkembangan informasi  dan isu terkini seputar Teknologi Informasi dan penerapannya. Pada 17 Desember 2019, merupakan yang ke tiga pelaksanaan kegiatan Baskom Yellow talkshow. Kegiatan kali ini tidak hanya dihadiri oleh pegawai di lingkungan Pustikpan saja tetapi juga dihadiri oleh perwakilan dari 6 satuan kerja lainnya di bawah Settama yaitu Biro KSHU, Biro Renkeu, Biro SDM ORKUM, Pusat KKPA dan Inspektorat. Isu yang diangkat pada kegiatan Baskom Yellow Talkshow kali ini adalah wacana yang digulirkannya PNS dapat "bekerja secara online" oleh Menteri PPN/Kepala Bappenas. Isu yang sedang hangat dibicarakan dikalangan PNS karena penyesuaian dengan cara hidup kaum milenial yang sangat “digitalize” apalagi sebagian besar pegawai PNS saat ini adalah kaum milenial.

Untuk mendapatkan gambaran jelas mengenai isu tersebut, maka kegiatan Baskom Yellow Talkshow kali ini mengundang 2 (dua) orang Narasumber yaitu Dr. Katmoko Ari Sambodho dari Kemenpan RB dan Bapak Ervan Arumansyah dari Bappenas yang kedua instansi tersebut  telah menerapkan pola kerja online tersebut.

Kementerian PPN/Bappenas selaku Instansi yang sudah mulai uji coba dan akan menerapkan Teleworking di tahun 2020, meyakini bahwa melalui Flexi working akan memiliki beberapa kelebihan diantaranya meningkatkan produktivitas, mengurangi ongkos kerja, kebutuhan ruang kerja bisa berkurang, turunnya biaya listrik dan air juga pola kerja yang keseimbangan (work life balance), disamping pentingnya Aplikasi yang nantinya akan digunakan dalam penerapan Teleworking, yang di dalamnya harus sudah mencakup semua sistem yang sering digunakan dalam kegiatan kerja sehari-hari seperti email, media sosial, Video Confrence dll, ungkap Ervan Arumansyah. Jadi dalam poses teleworking "Pekerjaan kalian tidak berubah, hanya delivery nya saja yang berubah" hal itu yang disampaikan Menteri PPN/Kepala Bappenas.

Dalam penerapannya Teleworking memiliki beberapa tantangan sehingga harus memiliki persiapan yang sangat matang, mulai dari pembagian tugas setiap hari ke masing-masing individu, adanya sistem absensi virtual, cara pengukuran kinerja dan masih banyak komponen ukur lainnya. 

Katmoko Ari Sambodo dari Kemenpan mengungkapkan, Jaman dahulu untuk tes masuk CPNS harus dilakukan secara manual, namun sekarang sudah menggunakan CAT yang dibuat online oleh BKN. Teknologi Informasi (IT) memberikan manfaat yang sangat besar, untuk itu kita harus mendorong percepatan perkembangan seluruh aktivitas berbasis IT dengan aplikasi kekinian yang akan lebih efektif dan efisien berbasis teknolgi Big data, IOT, AI, mobile dan Cloud.

Pembukaan kegiatan Baskom Yellow Talkshow dibuka oleh Kepala Pusat Teknologi Informasi dan Komunikasi Penerbangan dan Antariksa Chusnul Tri Judianto, S.T., M.M, namun pada saat yang bersamaan beliau sedang melakukan tugas lain di luar Jakarta. Meskipun Kapustikpan tidak berada di lokasi yang sama dengan penyelenggaran kegiatan, beliau membukanya dengan menggunakan sistem komunikasi melalui jaringan internet, hal ini merupakan salah satu upaya penerapan teleworking yang dilakukan Kapustikpan.

Dalam sambutannya beliau menyampaikan bahwa "Kami sengaja membuat acara ini dengan pola yang santai, pembahasan dengan cara yang ringan diselingi dengan kegiatan unjuk kemampuan (personal performance). Tema teleworking diangkat karena sedang menjadi trending topic dikalangan PNS saat ini dan kita khususnya di pusat TIK semestinya bisa menerapkan pola kerja Teleworking karena sesuai dengan karakter pekerjaannya begitu juga bidang kerja lainnya yang nantinya sangat bergantung pada teknologi IT”. Program Baskom Yellow akan kita lakukan minimal 2 kali dalam setahun dan Kita harus terus lakukan sosialisasi terkait kegiatan ini agar dijadikan wadah untuk tukar pikiran secara terbuka dengan santai yang menghadirkan topik terkini. Dalam kegiatan Baskom Yellow kali ini juga diisi oleh tim keamanan siber (cyber security) Pustikpan yang memberikan pencerahan terkait bagaimana mengamankan perangkat kerja kita yang terkoneksi internet dari serangan siber (Cyber awareness), tips dan trik dalam mencegah serangan siber yang kini semakin marak terjadi dengan best practice. Itsna Imroatus Sholihah, S.Kom sebagai penyaji juga mengajak peserta yang hadir untuk menyadari bahwa keamanan informasi dapat dimulai dari diri sendiri dengan memperhatikan hal-hal kecil dalam kegiatan kantor sehari-hari yang sering kita kerjakan namun kadang luput dari pehatian kita karena Your Security is My Security.

Ardito@2019