REFORMASI SISTEM INFORMASI SATU DATA LAPAN

by Chusnul Tri Judianto


Posted on 29 April 2018 at 10:45 pm



(Biak 27 April 2018). Sebagai sebuah lembaga Litbang keantariksaan satu-satuya di Indonesia, LAPAN memiliki fasilitas Litbang hampir disetiap provinsi di Indonesia dari Agam Sumatera Barat hingga Biak di Papua. Rangkaian fasilitas Litbang ini terhubung secara elektronik melalui jaringan internet dan VPN dan terpusat di Kantor Pusat LAPAN di Jakarta. Kemampuan dan kehandalan (reliability) dari sistem ini benar-benar harus dijamin fungsinya karena sangat menentukan keberhasilan penyampaian data dan informasi kepada seluruh pengguna (customer) dan sebagai pembuktian keberadaan LAPAN dan pertanggungjawaban kepada stakeholder (pemerintah).

Kehandalan jaringan internet ini sangat terkait dengan kehandalan teknologi (Technology) yang digunakan dalam konfigurasi sistem yang dibangun, kemampuan SDM (Human Resources) yang menggunakan sistem tersebut dan proses bisnis (Processyang diterapkan dalam menjalankan sistem tersebut. Sehingga keberadaan (availability) layanan internet dapat terjamin, pengelola dan pengguna jaringan (SDM) dapat dipertaruhkan integritasnya (integrity) dan adanya jaminan keamanan data dan informasi (Confidentiality). Membangun ke tiga hal tersebut dalam sistem Teknologi Informasi adalah sangat penting dan harus terus dilakukan karena perkembangan teknologi yang sangat cepat. Satu data LAPAN yang sedang dibangun menjadi satu solusi global dalam menata sistem informasi secara tepat guna untuk menghasilkan sebuah sistem Teknologi informasi yang handal dan secara berkesinambungan dapat dilakukan perubahan mengikuti perkembangan teknologi informasi saat ini. Peran penting dalam terlaksananya sistem informasi dan penggunaan jaringan internet dan VPN ini semata-mata sangat bergantung pada manusia penggunanya, oleh karena itu sosialisasi dan pendekatan sosiologi menjadi penting untuk dilakukan secara inten seperti yang dilakukan oleh Kapustikpan di fasilitas Litbang di Biak Papua.

@CTJ 2018