BASKOM YELLOW: SEMANGAT PERUBAHAN ZAMAN NOW

by Chusnul Tri Judianto


Posted on 25 January 2019 at 01:04 pm



Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN RB) telah mencanangkan program pemerintah terkait Reformasi Birokrasi (RB) yang di mulai tahun 2010 silam. Kegiatan RB pada intinya meliputi tiga hal, yakni mewujudkan tata kelola pemerintahan yang bersih, efektif dan efisien, dan memberi pelayanan publik yang berkualitas. Kegiatan RB menjadi salah satu indikator keberhasilan Pemerintah dalam merubah culture set dan mind set Aparatur Sipil Negara (ASN).

Gerakan RB terus digemakan oleh LAPAN dengan mencari pemantik dalam penerapan RB salah satunya dengan dibentuknya agen-agen perubahan diseluruh satuan kerja LAPAN. Internalisasi terus digerakan melalui berbagai program-program yang dicanangkan berdasarkan kreativitas dan keterlibatan pimpinan satker untuk mencapai tujuan yang diharapkan. Salah satu pimpinan LAPAN yang fokus dalam menjalankan kegiatan RB adalah Kepala Pusat Teknologi Informasi dan Komunikasi Penerbangan dan Antariksa. Berbagai upaya dan strategi dilakukan melalui berbagai bentuk sosialisasi dalam membangun kesamaan persepsi, komitmen dan konsistensi serta keterlibatan seluruh pegawai di lingkungan  Pustikpan dalam melaksanakan program kegiatan RB di LAPAN.

Komitmen yang dilakukan Kapustikpan sebagai pimpinan Satker yakni dengan terus mendorong ASN di lingkungan Pustikpan melalui pembentukan pola pikir maju, dan memiliki jiwa melayani baik internal dan eksternal LAPAN. Fokus program yang dilaksanakan Kapustikpan adalah dengan membentuk budaya kerja Pustikpan Army melaui peningkatan knowledge, skill, attitude dan Experience pegawainya. Budaya kerja Pustikpan  merupakan suatu sikap mental yang selalu berusaha melakukan perbaikan atau penyempurnaan apa yang telah dicapai, dengan menerapkan metode-metode baru serta yakin akan kemajuan yang akan diperolehnya yang berpedoman pada dasar manajemen yaitu melakukan PLAN yang diwujudkan dengan DO dievaluasi setiap kerja yang dilakukan dengan CHECK dan memperbaharui tindakan sesuai hasil evaluasi dengan ACT.

Baskom Yellow Talkshow (Bahas Komputer yang Selow Selow) merupakan program mini talkshow yang dijadikan kegiatan rutin di Pustikpan yang dimulai pada tahun 2019 tepatnya pada hari Kamis tanggal 24 Januari 2019. Kegiatan tersebut digadang Kapustikpan sebagai salah satu media knowlegde sharing perkembangan Teknologi Informasi diantara para Pustikpan Army dengan nuansa milenial disesuaikan dengan semangat para Army yang masih belia. Tema yang diangkat kali ini adalah “Satu Data LAPAN dalam Perspektif Teknis dan Kebijakan” dengan panelis Agung Haryanto pemateri dari sudut pandang teknis dan Elly Kuntjahyowati dari sudut pandang kebijakan yang keduanya merupakan perwakilan bidang sistem informasi dan tata kelola TIK Pustikpan. Diakhir acara, Kapustikpan akan memberikan penjelasan topik yang dibahas baik teknis maupun regulasinya dan melakukan evaluasi terkait jalannya kegiatan mulai dari penampilan penyaji, moderator dan keaktifan peserta talks show juga jalanya acara.

Melalui kegiatan talkshow tersebut, Kapustikpan berharap dapat mempererat kerja sama dalam tim, kemampuan dalam berkomunikasi, keberanian dalam berpendapat dan smangat inovasi dalam berkarya. Disamping itu dapat lebih memahami nilai budaya kerja yang akan merubah cara pandang pegawai dan berpengaruh terhadap perilaku yang lebih memiliki motivasi, dedikasi, kreativitas, kemampuan dan komitmen tinggi.

@ Faulina 2019