MEMBANGUN KARAKTER PERUBAHAN DI ERA MILENIAL

by Chusnul TJ


Posted on 02 August 2019 at 06:47 am



CHARACTER BUILDING, itulah salah satu kegiatan berkelanjutan yang dilakukan oleh LAPAN dalam memperkuat semangat perubahan bagi pegawainya utamanya para agen perubahan (agent of change) sebagai agen utama dalam menggerakkan dan mempercepat proses perubahan dalam era digital yang sudah menjadi sebuah keniscayaan. Perubahan mindset dan culture set dalam organisasi seperti LAPAN yang memiliki tanggung jawab nasional dan internasional dalam melakukan kajian keantariksaan, layanan data dan informasi dan litbang teknologi penerbangan dan antariksa dimana perubahan eksternalnya sangat dinamis seiring cepatnya perkembangan teknologi keantariksaan di dunia (environment disturbance). Oleh karena itu LAPAN dituntut untuk duduk sama rendah dan berdiri sama tinggi dengan negara-negara di dunia dalam pergaulan internasional keantariksaan. Sementara evolusi teknologi yang terjadi dan menyasar pada celah kehidupan manusia dan merubah tatanan sosial, cara hidup juga tatanan bisnis konvensional (disruption), dapat menjadi ancaman atau bahkan peluang untuk semakin memajukan organisasi LAPAN. Tergantung pada acara pandang terhadap perubahan ini, bila menggunakan kaca mata positif maka disrupsi ini tampak sebagai sebuah peluang dan bukan lagi sebuah ancaman seperti yang dirasakan oleh sebagian organisasi. Sehingga kesiapan setiap pegawai dan organisasi dalam menyiasati perubahan mendasar ini sangatlah diperlukan untuk tetap menjaga keberlanjutan jalannya organisasi sampai kapanpun.

            Semangat perubahan inilah yang diperlukan LAPAN dalam menjaga kesinambungan jalannya organisasi dengan segala tantangan yang dihadapi baik nasional maupun internasional. Oleh karena itu perubahan mindset dan culture set pada era industry 4.0 akan terarah pada semangat untuk melakukan transformasi digital, transformasi mindset milenial juga transformasi character digital leadership. Inilah yang mendorong LAPAN terus berbenah melakukan perubahan demi perubahan dari hal sederhana hingga inovasi teknologi yang rumit (sophisticated). Kegiatan pembekalan kepada agen perubahan LAPAN ini diinisiasi oleh Sestama LAPAN Prof. Dr. Rr. Erna Sri Adiningsih, M.Si dan dilakukan berkolaborasi dengan salah satu Widyaiswara Madya dari LAN RI, Dra. Sinta Dame Simanjuntak, MA yang merupakan professional trainer dalam managing global governance dan education. Pola pengajaran yang sangat interaktif dengan memobilisasi seluruh peserta dalam bentuk game dan kerja kelompok (group work) menjadikan suasana training menjadi selalu bergairah yang menjadikan setiap agen perubahan tertantang untuk berani berkreasi mengambil inisiatif perubahan dalam setiap tema permasalahan.

            Dengan kegiatan seperti ini diharapkan semangat perubahan individu yang terbangun menjadi pemicu dan pemacu perubahan pada seluruh pegawai dalam mengikuti perubahan organisasi LAPAN yang akan menyongsong disrupsi teknologi informasi.

CTJ@2019