PERUBAHAN ARAH STRATEGI LAPAN 2020-2024

by Chusnul TJ


Posted on 26 April 2019 at 03:06 pm



Pengaruh perubahan eksternal (Environment Disturbance) dalam transformasi digital dan disrupsi teknologi internet of thing (IOT) dengan adanya revolusi industri 4.0 mengharuskan dilakukannya perubahan (transformasi) internal organisasi sebagai langkah adaptasi dan antisipasi terjadinya perubahan organisasi agar tetap dapat berjalan maju dalam mencapai tujuan organisasi. Perubahan internal organisasi ini dapat mencakup perubahan fokus business, arah kebijakan, mindset SDM, kebutuhan kompetensi, budaya kerja milenial. Kecepatan informasi yang dapat diperoleh membuat perubahan pola pikir dan gaya hidup. Kondisi ini sangat menuntut transformasi budaya kolaborasi yang sangat menuntut efisiensi dan efiktifitas juga keterkaitan dari semua sektor dalam bekerja.

Sementara tren perkembangan teknologi penerbangan dan antariksa terus berubah sangat cepat dan menghasilkan banyak industry baru (start-up) karena telah menjadi kebutuhan manusia yang in-line dengan tuntutan perubahan jaman. Industry serupa menyeruak menjadi bentuk bisnis baru yang menopang ekonomi nasional dibeberapa negara tetangga di Asia dan Pasifik. Teknologi IOT memaksa perubahan prosedur operasi dibeberapa industry dan memaksa perubahan mindset SDM yang menjalankan dan menggunakannya. Dalam kaitan ini LAPAN mencoba melakukan perubahan mendasar untuk menjalankan organisasi di era industry 4.0 ini. Tuntutan pengguna akan hilirisasi hasil litbang keantariksaan menjadi target utama di rencana strategis 5 tahunan berikutnya antara tahun 2020-2024. Percepatan hilirisasi produk LAPAN ini dibantu dengan lahirnya industry baru (start-up) yang harus dibangun dan dibina oleh LAPAN. Dengan pertumbuhan start-up keantariksaan ini, sangat diharapkan dapat mendukung perkembangan sektor pembangunan nasional yang akhirnya berdampak pada peningkatan kekuatan ekonomi nasional.

Litbang yang fokus pada produk dan layanan penerbangan dan antariksa seperti pesawat, roket, satelit, layanan data dan informasi antosfer juga data dan informasi inderaja yang di perkuat dengan transformasi layanan berbasis internet menjadi pilihan LAPAN dalam mengatur strategi ke depannya. Keseriusan inilah yang mengumpulkan seluruh komponen LAPAN dari struktural sebagai bagian dari pimpinan managerial, para pejabat peneliti, perekayasa, prakom hingga pejabat fungsional administrasi untuk berdiskusi dan menetapkan arah kebijakan LAPAN 2020-2024 dengan melihat secara jernih fakor internal (kekuatan dan kelemahan) dan faktor esternal (ancaman dan peluang).

 

CTJ@2019