GAYA MILENIAL MEMAKNAI KEMERDEKAAN RI KE 74

by Chusnul TJ


Posted on 23 August 2019 at 10:27 am



WORKING IN TECHNOLOGY MEANS LEARNING ALL THE TIME – Itulah salah satu prinsip kerja yang dipegang teguh oleh Gojek, startup pertama asal Indonesia dengan status decacorn. Tak bisa dipungkiri pada era digital sekarang ini, segala aspek kehidupan manusia tak lepas dari peran teknologi. Sebagai Unit Kerja yang bertanggung jawab terhadap pengelolaan TIK LAPAN, Pusat Teknologi Informasi dan Komunikasi Penerbangan dan Antariksa (Pustikpan) menyadari betul akan hal tersebut. Ketika mata kita tertutup terhadap laju perkembangan teknologi di luar sana, maka kita akan jauh tertinggal karena terjebak dalam kenyamanan semu. Maka sangatlah penting menanamkan nilai pembelajar pada setiap pegawai LAPAN untuk mempersiapkan SDM penerbangan dan antariksa yang unggul.

Pada 20 Agustus 2019, dalam acara mini talk show “Baskom Yellow” (Bahas Komputer yang Selow Selow) yang merupakan kegiatan rutin dalam mewadahi semangat kreativitas pegawai TIK LAPAN (Pustikpan army), kali ini Pustikpan menghadirkan SVP - Gopay Head of Information Technology Governance, Risk and Compliance bapak Genesha Nara Saputra yang membahas tema “Melirik Tata Kelola Teknologi Informasi Gojek Berjalan Dalam Satu Genggaman”. Dalam paparannya, Genesha menceritakan kisah sukses Gojek yang diraih melalui continuous improvement serta membangun engineering culture dengan menerapkan engineering principles pada setiap pegawainya. Secara spesifik, beliau juga berbagi seluk beluk pengelolaan TIK di Gojek hingga dapat memberikan pelayanan prima pada pelanggannya yang sudah mencapai 100 juta pemesanan (order) tiap bulannya. Tingginya antusiasme para peserta acara ditunjukkan dengan keberagaman pertanyaan yang diajukan kepada narasumber untuk mendapatkan ilmu yang lebih mendalam dan implementatif.

Disamping kegiatan mini talk show juga dilakukan unjuk kemampuan 8 kelompok yang diketuai masing-masing oleh 1 orang CPNS Pustikpan yang mengelaborasi mimpi mereka (industrial foresight) akan Pustikpan dalam 10 tahun kedepan. Kepala Pustikpan Chusnul Tri Judianto sangat mengapresiasi ide-ide baru anak-anak generasi milenial yang cenderung memangkas birokrasi guna meningkatkan efektifitas dan efisiensi kerja dengan memanfaatkan teknologi TIK dan lebih melihat tantangan teknologi TIK kedepan sebagai peluang (opportunity) untuk semakin maju. Kesempatan ini juga merupakan wadah menyuarakan pemikiran kreatifitas individu dan kelompok untuk melahirkan kolaborasi-kolaborasi inovatif.

Dalam rangkaian acara Baskom Yellow juga dimeriahkan dengan kegiatan lomba dan game untuk ikut meriahkan hari kemerdekaan RI ke-74, yang menitik beratkan pada membangun etos kerja, kerja bersama, sama-sama kerja dan membangun integritas individu. Diakhir acara, Kepala Pustikpan menyampaikan kesimpulan dan manfaat yang diperoleh dari kegiatan yang dilakukan, yaitu dengan kerja sama, membentuk tim yang efektif dan komunikasi yang baik maka pekerjaan yang terlihat tidak mungkin akan menjadi mungkin dilakukan (there is no impossible but I’m Possible).

Lakmi Makarti@2019