ARSIPARIS LAPAN DALAM KANCAH NASIONAL

by Chusnul TJ


Posted on 02 September 2019 at 03:44 pm



Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI), sebagai instansi pembina kearsipan, menyelenggarakan Pemilihan Arsiparis Teladan Nasional Tahun 2019 yang dilaksanakan pada tanggal 15-18 Agustus 2019, diikuti sebanyak 49 orang arsiparis yang terdiri dari 28 orang Arsiparis Tingkat Keahlian dan 21 orang arsiparis Tingkat Terampil dari seluruh Kementerian/Lembaga, Instansi Pemerintah Daerah seluruh Indonesia, bertempat di Kantor ANRI dan Hotel Aston Priority Simatupang Jakarta. 

Acara Pemilihan Arsiparis Teladan Nasional bertujuan untuk membangun Sumber Daya Manusia (SDM) kearsipan yang profesional, unggul dan berkompeten. Kegiatan ini digelar bertepatan dengan Hari Ulang Tahun Ke-74 Republik Indonesia dengan tema SDM Unggul Indonesia Maju.

Aspek penilaian terdiri dari portofolio, test kognitif, perilaku kerja, ujian tertulis berbasis IT, penilaian laporan pelaksanaan pekerjaan kearsipan bagi Arsiparis Kategori Keterampilan dan penilain makalah bagi Arsiparis Kategori Keahlian, penilaian video, presentasi dan wawancara serta Focus Group Discussion (FGD).

Dalam Pemilihan Arsiparis Teladan Tahun 2019 ini LAPAN diwakili oleh 2 orang peserta yaitu Sudiyanto, S.Sos., M.Si., Arsiparis Ahli Madya, mewakili Kategori Arsiparis Keahlian dan Djoko Trianas, A.Md., Arsiparis Terampil, mewakili Kategori Arsiparis Keterampilan berhasil masuk peringkat 10 terbaik.

Keikutsertaan LAPAN dalam kegiatan Pemilihan Arsiparis Teladan Nasional ini merupakan salah satu wujud peran serta LAPAN dalam memberikan pembinaan terhadap sumber daya manusia (SDM) kearsipan. Melalui kegiatan ini diharapkan kompetensi Arsiparis terus meningkat dan dapat memotivasi seluruh arsiparis yang ada di LAPAN. (Sdy)