QUICK WINS LAPAN 2017

Dalam rangka melaksanakan program Reformasi Birokrasi sebagaimana ditetapkan dalam Road Map Reformasi Birokrasi 2015-2019, perlu menetapkan Program Percepatan (Quick Wins) Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional Tahun 2017. Salah satu wujud nyata pelaksanaan Reformasi Birokrasi di lingkungan LAPAN adalah penetapan quick win terkait layanan informasi Penerbangan dan Antariksa. Quick Win diartikan sebagai langkah inisiatif yang mudah dan cepat dicapai untuk mengawali pelaksanaan suatu program dalam reformasi birokrasi. Quick win bersifat nyata terlihat perubahan peningkatan kinerjanya (Visible improvement), memiliki manfaat langsung (Immediate benefit), langsung dapat digunakan (Quickly Delivered).   Quick Wins LAPAN 2017 adalah layanan informasi kemaritiman dan kebencanaan berbasis Teknologi Informasi yang dapat diakses oleh masyarakat (publik) secara cepat dengan data yang akurat.

1. Layanan informasi kemaritiman yang cepat dan akurat dengan Sistem Pemantau Maritim Berbasis IPTEK Penerbangan dan Antariksa.

  • Merupakan integrasi dari Sistem Embaran Maritim (SEMAR), Zona Potensi Penangkapan Ikan (ZPPI), Automatic Identification System (AIS) dari satelit LAPAN-A2 dan LAPAN A-3, Maritim Surveillence System (MSS), LAPAN Surveillence UAV (LSU), dan Informasi Layanan Komunikasi dengan High Frequency yang Terintegrasi.

2Layanan informasi kebencanaan yang cepat dan akurat dengan Sistem Pemantau Bencana Berbasis IPTEK Penerbangan dan Antariksa

  • Merupakan integrasi dari Bank Data Penginderaan Jauh Nasional (BDPJN), Sistem Informasi untuk Mitigasi Bencana (SIMBA), Satelite Disaster Early Warning System (SADEWA), Sistem Informasi Sumber Daya Alam dan Lingkungan (SIPANDA), Space Weather Information and Forecast Services (SWIFtS), Komunikasi Radio Amatir di Satelit LAPAN-A2, dan LAPAN Survaillance UAV (LSU).