Kebijakan RB

Sasaran Strategis Reformasi Birokrasi

Tujuan dan Sasaran Reformasi Birokrasi Lembaga Penerbangan dan Antariksa NasionalTujuan Program Reformasi Birokrasi Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) pada periode 2015 – 2019 adalah mewujudkan tata kelola pemerintahan yang berbasis kinerja dengan tatanan yang dinamis guna menghadapi dinamika tantangan di bidang Penerbangan dan Antariksa. Untuk mewujudkan tujuan tersebut, dirumuskan sasaran Reformasi Birokrasi LAPAN sebagai berikut : 

  1. Birokrasi yang bersih, yaitu birokrasi LAPAN yang bekerja atas dasar aturan dan nilai-nilai yang dapat mencegah timbulnya berbagai tindak penyimpangan dan perbuatan tercela (mal-administrasi) seperti korupsi, kolusi dan nepotisme.
  2. Birokrasi yang efisien, efektif dan produktif yaitu birokrasi LAPAN yang mampu memberikan dampak kerja positif (manfaat) kepada masyarakat dan mampu menjalankan tugas dengan tepat, cermat, berdayaguna dan tepat guna (hemat waktu, tenaga dan biaya).
  3. Birokrasi yang transparan yaitu birokrasi LAPAN yang membuka diri terhadap hak masyarakat untuk memperoleh informasi yang benar dan tidak diskriminatif dengan tetap memperhatikan perlindungan atas hak asasi pribadi, golongan dan rahasia negara.
  4. Birokrasi yang melayani masyarakat yaitu birokrasi LAPAN yang tidak minta dilayani masyarakat, tetapi birokrasi yang memberikan pelayanan prima kepada publik.
  5. Birokrasi yang akuntabel yaitu birokrasi LAPAN yang bertanggungjawab dan dapat dipertanggungjawabkan atas setiap proses dan kinerja atau hasil akhir dari program maupun kegiatannya sehubungan dengan pengelolaan dan pengendalian sumber daya dan pelaksanaan kebijakan untuk mencapai tujuan berdasarkan peraturan perundang undangan yang berlaku. 

Sistem Nilai LAPAN

Untuk mewujudkan lima sasaran reformasi birokrasi sebagaimana disebutkan di atas, ditetapkan enam sistem nilai LAPAN. Sistem nilai tersebut diharapkan menciptakan kondisi yang kondusif untuk mendukung pencapaian lima sasaran reformasi birokrasi. Sistem Nilai Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional Sistem nilai adalah petunjuk umum yang disepakati dalam organisasi dan berfungsi untuk mengarahkan serta pengawas (kontrol) perilaku agar sesuai dengan nilai yang dianut. Adapun sistem nilai LAPAN adalah sebagai berikut :

  1. PEMBELAJAR; Mempunyai kemauan belajar dan kemampuan beradaptasi dengan hal-hal yang baru.
  2. RASIONAL; Apapun yang dilakukan dapat dipertanggungjawabkan secara hukum dan ilmiah.
  3. KONSISTEN; Pelaksanaan program dan kegiatan sesuai dengan rencana jangka pendek, menengah dan panjang yang sudah ditetapkan.
  4. AKUNTABEL: Anggaran dan kegiatan dapat dipertanggungjawabkan mulai dari proses perencanaan, pelaksanaan sampai dengan monitoring dan evaluasi.
  5. BERORIENTASI PADA PELAYANAN; Berupaya memberikan layanan prima sesuai dengan kebutuhan publik.