Transformasi Keamanan Informasi Keantariksaan

by Chusnul Tri Judianto


Posted on 27 September 2017 at 09:28 am



KEAMANAN INFORMASI dan Cyber Security saat ini telah menjadi salah satu agenda utama teknologi informasi dalam mendukung program Reformasi Birokrasi di LAPAN. Hal ini merujuk pada Undang-undang No 19 Tahun 2016 tentang perubahan atas Undang-undang No 11 tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik Pasal 15 ayat (1) yang menyebutkan bahwa “Setiap Penyelenggara Sistem Elektronik harus menyelenggarakan Sistem Elektronik secara andal dan aman serta bertanggung jawab terhadap beroperasinya Sistem Elektronik sebagaimana mestinya” dan Pasal 40 ayat (2) yang menyebutkan bahwa “Pemerintah melindungi kepentingan umum dari segala jenis gangguan sebagai akibat penyalahgunaan Informasi Elektronik dan Transaksi Elektronik yang mengganggu ketertiban umum, sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan”, serta Peraturan Pemerintah No 82 Tahun 2012 pasal 19 yang menyebutkan bahwa “Penyelenggara Sistem Elektronik wajib melakukan pengamanan terhadap komponen Sistem Elektronik” yang diturunkan dalam Peraturan Menteri Kominfo no 4 tahun 2016 tentang Sistem Manajemen Keamanan Informasi.

Indeks KAMI merupakan suatu aplikasi untuk mengevaluasi tingkat kematangan, tingkat kelengkapan penerapan SNI ISO/IEC 27001:2009 serta peta area tata kelola keamanan sistem informasi di suatu instansi pemerintah. Pemeringkatan index kemanan informasi (KAMI) telah dilakukan untuk tahun 2016 pada 24 instansi yang terdiri dari 13 Instansi pemerintah, 1 pemerintah daerah dan 10 BUMN/instansi sector strategis.

Dari 24 instansi tersebut, terdapat 2 instansi yang telah memiliki ISO/IEC 27001 terkait Sistem manajemen Keamanan Informasi (Information Security Management System) yaitu Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) dan Balai LPSE Provinsi Jawa barat. Dalam pemeringkatan Index KAMI 2016 tersebut LAPAN menduduki PERINGKAT SATU. Dalam penilaian index KAMI difokuskan pada aspek Tata Kelola, Manajemen Resiko, Kerangka Kerja, Pengelolaan Aset dan Teknologi Keamanan Informasi dengan total nilai LAPAN adalah 626 dari nilai total maksimum 645.