Penghargaan TOP IT 2017: Security E-goverment

by Chusnul Tri Judianto


Posted on 03 November 2017 at 04:33 pm



Penggunaan Teknologi Informasi sudah menjadi keharusan dalam suatu organisasi dalam menjalankan kegiatan utamanya, baik dalam pemerintahan maupun korporasi. Maka berbagai bentuk apresiasi dalam penerapan Teknologi Informasi akan sangat membantu untuk mendorong motivasi dan kreatifitas organisasi, seperti penganugerahan TOP IT & TELCO 2017. Ajang tersebut diselenggarakan oleh majalah Itech bekerjasama dengan beberapa asosiasi TI TELCO seperti ASPEKTI (Asosiasi Perusahaan Konsultan Telematika Indonesia), IKTII (Ikatan Konsultan TI Indonesia), MASTEL (Masyarakat Telematika Indonesia), ATSI (Asosiasi Penyelenggara Telekomunikasi Seluruh Indonesia), ABDI (Asosiasi Big Data Indonesia) dan FORTI (Forum TI BUMN), serta didukung oleh Kementerian Komunikasi dan Informasi (Kominfo) untuk ke empat kalinya. Kegiatan Rating atau Award tahunan ini mengusung tema “Digital Business Transformation for Great Indonesia” yang bertujuan untuk:

  • Memberikan apresiasi dan penghargaan kepada Korporasi yang telah berhasil mengimplementasikan dan memanfaatkan Solusi IT & TELCO untuk meningkatkan kinerja dan daya saing perusahaannya, atau berdampak positif terhadap perekonomian nasional.
  • Mendorong manajemen dan semangan tim TI perusahaan untuk terus melakukan investasi dan menggunakan Solusi IT & TELCO yang efektif.
  • Mendorong kepada Principal/Vendor Solusi IT untuk terus meningkatkan kualitas maupun kuantitas produk dan layanannya, sehingga perusahaan-perusahaan di Indonesia dapat memiliki daya saing yang ditopang oleh Solusi IT & TELCO yang baik.

Hal-hal yang berbeda antara penilaian TOP IT & TELCO dengan award ICT lainnya, diantaranya adalah:

  • Metode penilaian yang digunakan, tidak hanya kuesioner dan wawancara penjurian saja seperti pada umumnya, namun juga ditambahkan dengan rekomendasi/ penilaian customer atau peserta.
  • Yang dinilai tidak hanya vendor/provider IT &TELCO, tapi juga perusahaan pengguna IT dan TELCO.
  • Kategori Penghargaan Instansi – Corporate Best Practice 2017 per sektor usaha, dinilai melalui kuesioner dan wawancara penjurian.
  • Kategori TOP IT Product & TOP IT Services 2017, dinilai berdasar rekomendasi customer/peserta TOP IT & TELCO dan perusahaan pengguna IT Product & IT Services.
  • Kategori-kategori TOP IT Hardware, TOP Telco Seluler Provider, dan TOP Gadget, dinilai berdasar indeks dan persepsi konsumen, melalui market research terhadap 1.550 responden di 6 kota besar (area AC Nielsen), yakni Jabodetabek, Surabaya, Semarang, Medan, Makasar dan Balikpapan.

Proses penilaian dan penentuan pemenang ajang TOP IT & TELCO 2017 dilakukan secara obyektif dan independen dengan kriteria utama penilaian adalah perusahaan yang paling berhasil dalam implementasi dan pemanfaatan TI untuk meningkatkan kinerja, daya saing dan layanan pelanggan. Hasil dari penjurian TOP IT & TELCO 2017 akan dikirimkan kepada Presiden Republik Indonesia sebagai rekomendasi.

Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) melalui Pusat Teknologi Informasi dan Standar Penerbangan dan Antariksa Nasional (Pustispan) berhasil memenangkan penghargaan TOP IT & TELCO 2017 untuk kategori TOP IT Implementation 2017 on Information Security of e-Government. Hal utama yang memicu kesuksesan ini adalah keberhasilan LAPAN dalam menerapkan dua sertifikasi internasional secara terintegrasi yaitu ISO/IEC 27001:2013 untuk Information Security Management System dan ISO/IEC 20000:2011 untuk Information Technology Service Management System. Untuk memenangkan penghargaan tersebut, LAPAN dengan perwakilan dari Pustispan harus mengikuti tahapan kuesioner dan wawancara setelah sebelumnya berhasil dipilih menjadi finalis TOP IT & TELCO 2017 melalui seleksi mandiri para dewan juri. Terlepas dari apresiasi yang sangat luar biasa tersebut, LAPAN sudah menyadari betapa pentingnya peranan Teknologi Informasi untuk lembaga sehingga terlahir Pustispan yang berfungsi untuk mengemban peranan tersebut.

(Lakmi Makarti)