Pelantikan Pejabat Fungsional Pegawai Negeri Sipil

by Sigid Nur Tito


Posted on 12 January 2018 at 02:25 pm



Sebagai bentuk diresmikannya Pengangkatan Pegawai Negeri Sipil (PNS)dalam jabatan fungsional di lingkungan Pusat Teknologi Satelit (Pusteksat) LAPAN, tepat hari Jum’at 12 Januari 2018, Kepala LAPAN Prof. Dr. Thomas Djamaluddin melantik 5 pegawai dalam jabatan fungsional perekayasa madya, perekayasa muda, peneliti pertama, dan arsiparis pertama. Pelantikan dilaksanakan di Gedung Serba Guna Pusteksat LAPAN. Turut hadir dalam pelantikan tersebut Deputi Bidang Teknologi Penerbangan dan Antariksa, Dr. Rika Andiarti, Sekretaris Utama LAPAN, Drs. Ignatius Loyola Arisdiyo, M.Sc., dan Kepala Pusteksat LAPAN Ir. Mujtahid, MT., serta seluruh pegawai Pusteksat LAPAN.

Setelah seluruh rangkaian acara pelantikan pejabat fungsional selesai dilakukan, Dr. Rika Andiarti menyampaikan sambutannya,bahwapelantikan pejabat fungsional harus dengan harapan bahwa pegawai yang dilantik akan semakin bertambah semangatnya dan akan selalu mengingat sumpahdan janji yang telah diucapkan saat pelantikan tersebut.

Kegiatan dilanjutkan dengan pengarahan Kepala LAPAN yang memangsudah menjadi tradisi setiap awal tahun sebagai upaya mengingatkan kembali tentang program yang sedang dijalankan LAPAN dan tujuan Reformasi Birokrasi di seluruh Satuan Kerja (Satker) LAPAN,serta mengingatkan kembali tentang visi LAPAN yaitu Pusat Unggulan Penerbangan dan Antariksa untuk Mewujudkan Indonesia yang Maju dan Mandiri. Terkait dengan Reformasi Birokrasi LAPAN, program Quick Wins LAPAN tahun 2018 adalah satu layanan LAPAN yang terstruktur dan terukur. Maksud dari satu layanan tersebut adalah layanan LAPAN akan terintegrasi untuk semua satker dan tidak terkotak-kotak pada masing-masing satker LAPAN, terstruktur adalah agar masyarakat mudah mencari informasi yang dibutuhkan, serta terukur yaitu setiap informasi yang dihasilkan dapat dibedakan menjadi informasi yang sifatnya rutin, insidental dan setiap saat.

Dalam kegiatan pengarahan tersebut, Kepala LAPAN mengingatkan kepada seluruh pegawai bahwa SKP tahun 2018 akan dijabarkan dalam target triwulan, yang nantinya akan dievaluasi untuk menentukan tercapai tidaknya target yang telah ditentukan. Komposisi besaran antara target dan realisasi tersebut akan  menentukan besaran tunjangan kinerja yang akan diterima oleh pegawai. Inspektorat nantinya akan melakukan audit kinerja untuk menentukan apakah SKP dan target sudah dibuat dengan wajar. Hal ini dilakukan agar pemberian tunjangan kinerja sesuai dengan target dan realisasi kinerja yang telah dihasilkan oleh pegawai.Kondisi tersebut akan memicu pegawai untuk membuat SKP dan target secara cermat.

Dalam acara tersebut, Kepala Pusteksat LAPAN dan Deputi Bidang Teknologi Penerbangan dan Antariksa menandatangani Perjanjian Kinerja (PK) yang dijabarkan dalam Indikator Kinerja Utama (IKU) tahun 2018.Di akhir acara, Kepala LAPAN dan seluruh pegawai Pusteksat LAPAN yang hadir memberikan ucapan selamat kepada para pejabat fungsional yang baru dilantik dan dilanjutkan dengan sesi foto bersama.

Berikut nama-nama pejabat fungsional yang dilantik:

  1. Andi Mukhtar Tahir, M.T. diangkat dalam jabatan fungsionalPerekayasa Madya-IV/a;
  2. Arif Saifudin, S.T., M.Kom. diangkat dalam jabatan fungsionalPerekayasa Madya- IV/a;
  3. Rizki Permala, S.T. diangkat dalam jabatan fungsional Perekayasa Muda-III/c;
  4. Sulaiman Nur Ubay, S.T., diangkat dalam jabatan fungsional Peneliti Pertama-III/b;
  5. Sujiati, S.E. diangkat dalam jabatan fungsional Arsiparis Pertama-III/a.