LAPAN Raih Tiga Penghargaan dalam BMN Awards 2017

by Sigid Nur Tito


Posted on 03 November 2017 at 11:05 am



Kamis (02/11), LAPAN menerima tiga penghargaan sekaligus dalam ajang BMN (Barang Milik Negara) Awards 2017 yang digelar Kementerian Keuangan di Gedung Dhanapala Kementerian Keuangan, Jakarta. LAPAN memperoleh trofi Juara Umum, sebagai penghargaan Kkinerja Terbaik. Sementara tiga instansi penyabet penghargaan tersebut yaitu LAPAN, Kementerian ESDM, dan Kementerian Keuangan. LAPAN juga menerima penghargaan atas Kategori Sertifikasi dan Kategori Kepatuhan Pelaporan. 

Penghargaan diberikan langsung oleh Menteri Keuangan, Dr. Sri Mulyani Indrawati kepada Sekretaris Utama, I.L. Arisdiyo, Inspektur, Ratih Pratiwi, dan Kepala Biro Kerja Sama, Hubungan Masyarakat, dan Umum, Christianus R. Dewanto. “Kami mengucapkan terima kasih dengan diperolehnya penghargaan ini. Ini semua atas bimbingan dan pantauan tim Direktorat Jenderal Kekayaan Negara (DJKN). Sehingga kinerja dan ketertiban BMN internal LAPAN menjadi juara,” ujar Arisdiyo saat memberikan sambutan di panggung.

Ajang yang kali ini mengusung tema “Kerja nyata optimalisasi aset negara untuk kesejahteraan rakyat” merupakan salah satu program prioritas Kementerian Keuangan. Tujuannya untuk terus memberikan dorongan, dukungan, bantuan, dan memonitor bagaimana penerimaan BMN dapat terus diperbaiki. "Apresiasi dalam wujud kegiatan seperti ini, bertujuan agar kementerian dan lembaga dapat melakukan inovasi, meningkatkan akuntabilitas, kekuatan, dan keandalan BMN,” Ujar Dirjen DJKN, Isa Rachmatarwata.

BMN Awards 2017 diberikan kepada 33 Kementerian dan Lembaga (K/L) dengan 6 kategori yaitu Kategori Utilisasi BMN, Kepatuhan Pelaporan BMN, Sertifikasi BMN, Kerja Sama Tata Kelola Antar Kementerian/Lembaga, Kerja Sama Tata Kelola Antar Kementerian/Lembaga, dan Kinerja Terbaik Pengelolaan BMN. Maisng-masing kategori dibagi menjadi 3 kelompok, yaitu Kelompok I (K/L dengan satker 0-10), Kelompok II (K/L dengan satker 10-100), dan Kelompok III (K/L dengan satker diatas 100). LAPAN dalam hal ini berada di Kelompok II. 

Sri Mulyani menyatakan, pemberian award ini diharapkan dapat menjadi refleksi atas kinerja para pengelola BMN. “Acara ini merupakan suatu acara yang tepat untuk kita semua sebagai pemerintahan melakukan refleksi kembali atas apa yang telah kita lakukan dan yang telah dicapai,” ujarnya. Pada kesempatan ini, ia juga meminta kepada para pengelola BMN untuk dapat memanfaatkan BMN seoptimal mungkin dan menginventarisasi BMN sudah tidak digunakan.